Pameran Eksotisme Labuan Bajo Digelar di Metropolitan Jakarta

Eksotisme Labuan Bajo bisa ditemui di kota metropolitan Jakarta dalam sebuah pameran. Acara yang dihelat Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) ini bertempat di main atrium Gandaria City, Jakarta Selatan pada 15 17 Oktober 2021. Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina menuturkan pameran pariwisata dan ekonomi kreatif ini bertujuan mengenalkan kembali secara lengkap produk baru Labuan Bajo bagi masyarakat Jakarta.

Itu karena selama hampir dua tahun terakhir pandemi Covid 19 melanda. "Pameran Exotic NTT ini menjadi salah satu sarana branding dan pemasaran yang akan menjadi event tahunan interaksi dengan calon wisatawan maupun buyers yang diselenggarakan oleh BPOLBF," ucap Shania dalam keterangannya, Senin (11/10/2021). "Banyak hal baru yang coba kita tawarkan untuk para pengunjung, misalkan menikmati pengalaman berwisata melalui Virtual Reality, mengenal berbagai desa wisata, mencicipi produk ekraf terbaru, dan masih banyak lagi," lanjutnya.

Ia melanjutkan Labuan Bajo kini menawarkan atraksi kebudayaan dan penataan kota terbaru menyambut G20 2022. Jakarta sendiri dipilih sebagai lokasi pameran karena ada akses langsung penerbangan ke Labuan Bajo. Beberapa maskapai nasional bahkan telah memastikan penerbangan dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Surabaya dan Bali ke Labuan Bajo akan tetap ada.

Pameran Exotic NTT turut menghadirkan sensasi pengalaman canggih di booth Virtual Reality/Augmented Reality yang secara visual memanjakan mata dan telinga. Selain itu, ada juga booth Travel Fair Corner yang menampilkan para pelaku usaha lokal dari Labuan Bajo dan sekitarnya mulai dari jasa penginapan hingga jasa tur ke berbagai pulau di sekitar Labuan Bajo. Menariknya, para pengunjung yang datang juga bisa langsung ke photo booth dan ikut merasakan sensasi saat memakai baju adat lokal dari Nusa Tenggara Timur dan berfoto dengan kostum adat yang kaya nilai lokal tanpa dikenakan biaya sama sekali.

Pengunjung yang datang pun bisa melihat secara langsung bagaimana miniatur rumah adat Labuan Bajo dan Flores, replika komodo, kapal phinisi yang ikonik hingga replika pohon enau yang menjadi tanaman endemik setempat. "Kami menawarkan kepada para pengunjung mencicipi nikmatnya kopi Flores di booth coffee corner dan tentunya para pengunjung juga bisa membeli oleh oleh mulai kuliner hingga kriya khas Labuan Bajo," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.