Masjid Quba di Madinah Arab Saudi akan Diperluas Hingga 10 Kali Lipat

Kerajaan Arab Saudi akan merenovasi dan memperluas Masjid Quba, masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Pemerintah Arab Saudi sudah mengumumkan rencana untuk memperluas masjid yang berada tak jauh dari pusat Kota Madinah Al Munawwarah tersebut. "Ini adalah renovasi terbesar di dalam sejarah," kata juru bicara kerajaan Arab Saudi.

Rencana ekspansi tersebut diluncurkan oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman saat berkunjung ke Madinah pada Jumat (8/4/2022). Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan saat ini berukuran 5.035 meter persegi. Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan proyek tersebut sejalan dengan tujuan dan sasaran Visi Kerajaan 2030, dalam program khusus untuk melayani jemaah haji dan umrah dengan lebih baik.

Masjid Quba dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Lokasinya berada di kawasan Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara Kota Madinah. Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi.

Pertama kali dilakukan oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Sekarang renovasi masjid ini ditangani oleh keluarga Saud. Mengutip buku berjudul Sejarah Madinah al Munawarah yang ditulis Dr Muhamad Ilyas Abdul Ghani, Masjid Quba ini telah direnovasi dan diperluas pada masa Raja Fahd ibn Abdul Aziz pada 1986.

Renovasi dan peluasan ini menelan biaya sebesar 90 juta riyal yang membuat masjid ini memiliki daya tampung hingga 20 ribu jamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.