Manfaat Bangun Rumah Dengan Memakai Beton Berpori

Beton readymix adalah pilihan praktis untuk membuat rumah yang kokoh dari bahan beton. Tahukan Anda kalau banyak kreasi beton yang dapat dipakai untuk konstruksi, salah satunya adalah beton berpori. Komposisinya adalah campuran pasir, semen, serta busa styrofoam.

Kegunaan Membangun Rumah Dengan Memakai Beton Berpori

Lapisan beton umumnya halus dan juga anti air atau anti karat. Ada juga beton yang berpori yang ringan dan bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Jadi, bukan suatu hal yang mengherankan kalau rumah banyak yang menggunakan beton dengan kreasi berbagai macam. Berikut adalah Manfaat memakai beton berpori pada rumah Anda.

1.    Bobot Ringan

Sesuai namanya, beton berpori punya kepadatan lebih kecil dari beton konvensional berkat pori – porinya. Dengan demikian, Campuran betonnya dengan busa lebih padat, ringan dan kuat. Selain itu, saat dicampur bisa menyesuaikan komposisi baik busa maupun beton sehingga menghasilkan beton berpori yang lebih ringan.

Pengerjaan jadi lebih cepat karena pemindahan material konstruksi ringan. Hal ini memudahkan tukang bangunan untuk mengaplikasikannya pada bangunan. Mulai dari menurunkan bahan baku sampai menyususnnya, proses pembangunan jadi ringan dan tidak lama.

2.    Tahan Panas

Beton berpori lebih efektif menahan panas kalau dibandingkan material konstruksi lainnya seperti batako atau batu bata. Pemakaian beton berpori bahkan memiliki resistensi panas yang lebih baik dibandingkan beton biasa.

Ini sebabnya banyak proyek perumahan memakai material beton berpori yang ringan, untuk mengurangi suhu panas dalam bangunan. Jadi bukan hanya desain rumah dengan langit – langit tinggi yang bisa mendinginkan rumah tanpa AC, pemakaian beton berpori juga bisa menyiasatinya.

3.    Lebih Kedap Suara

Beton ringan berpori memiliki kecenderungan menyerap suara lebih baik dibandingkan beton biasa. Bahkan, salah satu fitur terbaiknya adalah meredam suara di dalam dan tidak membiarkannya keluar, begitu pula sebaliknya.

Jadi, selain konstruksi bangunan kuat, bangunan juga kedap suara. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk bangunan seperti Sekolah, Hotel atau Rumah Sakit. Di kota – kota besar, rumah pun bisa menerapkan ruangan yang kedap suara dengan memakai beton berpori.

4.    Tahan Getaran

Salah satu keunggulan beton yang memiliki pori – pori adalah bobot ringan tapi resistensi yang kuat. Hal ini membuat material bangunan ini mampu menahan getaran sehingga orang dalam rumah tidak terlalu merasakannya.

Anda bisa membuat rumah yang kokoh walau berada di atas tanah yang lemah. Selain itu, perumahan yang dibuat perkotaan padat tentu bisa memanfaatkan material anti getaran ini untuk menghalau vibrasi dari kendaraan besar yang melintas depan rumah dan getaran lainnya yang bisa disebabkan karena gempa ataupun manusia.

5.    Mudah Diaplikasikan

Beton dengan pori punya bentuk persegi panjang seperti bata ringan pada umumnya. Bedanya adalah tambahan pori – pori yang bisa diproduksi dalam beragam ukuran, sesuai kepentingan konstruksi. Dengan demikian, ukuran beton berpori jadi bisa disesuaikan.

Bobot ringan membantu pekerjaan pembuatan rumah, konstruksi bangunan, instalasi, dan lain sebagainya jadi lebih gampang. Anda bisa mempercepat proses pengerjaan, biaya tenaga kerja dan lain sebagainya.

Seperti layaknya beton ringan pada umumnya, beton yang berpori juga memiliki banyak kelebihan. Anda bisa membuat jenis beton ini memakai campuran beton dengan material tambahan lainnya. Gunakan hanya material berkualitas seperti beton readymix SCG yang tahan lama dan juga memiliki komposisi yang pas dan praktis.

Buat beton berpori Anda memakai material lain dari SCG yang bisa langsung dilihat pada situs resmi SCG. Berbagai material terbaiknya adalah solusi optimal dalam menyelesaikan proses konstruksi bangunan dengan cepat tapi juga berkualitas baik.

 

 

Sumber

https://www.homify.co.id/ideabooks/4588254/10-keuntungan-bangun-rumah-dengan-beton-berpori

https://www.niagareadymix.com/2021/02/beton-berpori-kelebihan-dan-kekurangan.html

https://pingpoint.co.id/berita/keuntungan-bangun-properti-menggunakan-beton-ringan-berpori/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.