IPHI Jabar Siap Berinovasi untuk Perhajian Lebih Baik, Erman Suparno Serukan Sikap Sabar

– Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Barat menetapkan H. Ijang Faisal sebagai ketua lewat Musyawarah Wilayah (Muswil) IPHI Jabar yang berlangsung di Bandung pada, Minggu (7/11/2021). Ijang Faisal mengaku siap menerima amanah mulia tersebut dan langsung akan melakukan inovasi inovasi untuk perbaikan perhajian khususnya di Wilayah Jawa Barat. “Kami akan melakukan komunikasi dan bersinergi dengan semua elemen yang di Jawa Barat untuk melakukan inovasi inovasi baru demi perbaikan perhajian di Jawa Barat,” kata Ijang Faisal.

Ijang Faisal juga berkomitmen untuk membawa perubahan untuk kemajuan organisasi persaudaraan haji tersebut agar bersinergi dengan program pembangunan Jabar. Sebagaimana diketahui, masalah perhajian di Indonesia saat ini mengalami banyak perubahan dan harus ada penyesuaian dengan adanya pandemi Covid 19. Tentu pelaksanaan haji di masa pandemi tak sesimpel seperti biasanya. Untuk itu, Ijang Faisal memastikan akan segera berkomunikasi dengan Kanwil Kemenag Jawa Barat, Forum KBIH dan Travel haji lainnya untuk menyusun program program perhajian di Jawa Barat.

Muswil IPHI Jabar dihadiri beberapa tokoh penting seperti Ketua Umum PP IPHI Dr. Ir. H. Erman Suparno dari perwakilan Pemprov Jabar hadir langsung Kabag Agama Setda Jabar, Dr. H. Supriadi mewakili Gubernur Jabar, beserta 21 PD IPHI Kabupaten dan Kota secara lengkap. Ijang Faisal menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh, sesepuh, ajengan dan para kyai yang aktif di IPHI baik tingkat kabupaten/kota maupun tingkat Jabar yang telah memberi kepercayaan untuk memimpin IPHI Jabar ke depan. Sementara itu Ketua Umum Pengurus Pusat IPHI, Erman Suparno menyampaikan sambutan agar IPHI kembali ke khitahnya yaitu mengawal jamaah pasca haji merawat kemabruran.

Mantan Menteri Tenaga Kerja era SBY ini meminta kepada semua anggota IPHI untuk kembali mengingat tuntunan Al Qur’an dalam Surat Al Ashr agar selalu saling menasihati dalam hal kebaikan dan sabar menghadapi situasi apapun. “Intinya kita semua harus saling menasihati dalam hal kebaikan dan bersabar dalam menghadapi banyak hal. Itu sangat jelas diperintahkan oleh Allah SWT lewat Al Qur’an dalam surat Al Ashr,” kata Erman Suparno. Erman Suparno berkomitmen mengajak IPHI kembali ke khitthoh sebagai organisasi berakidah Islamiah dan menjunjung tinggi Persaudaraan para Haji/ Hajah seluruh Indonesia.

“IPHI berkomitmen menjaga NKRI, PANCASILA ,UUD'45, Wawasan Nusantara dan Bineka Tunggal Eka dengan menjalankan 6 program pokok,” katanya. Enam program pokok tersebut menurut Erman adalah bentuk pelaksanaan amanat hasil muktamar IPHI ke VII pada 12 Juni 2021 di Jakarta. Program program tersebut antara lain: Mengajak seluruh jemaah haji anggota IPHI untuk kembali ke khittoh sebagai organisasi ukhuwah Islamiyah, Pembenahan dan penyempurnaan manajemen organisasi IPHI, Meningkatkan solidaritas, integritas dan loyalitas seluruh pengurusan dan anggota IPHI, Meningkatkan kualitas hubungan antar lembaga, baik dalam maupun luar negeri dan Proses regenarasi kepengurusan IPHI dengan penyesuaian perubahan peradaban di era digital saat ini dan ke depan.

“Bentuk daripada keseriusan kami menjalankan amanat tersebut diwujudkan dengan kegiatan mulai dari Rakerwil Jakarta, Muswil Jatim, Muswil Jabar dan akan dilanjutkan dengan Muswil lain di luar Jawa,” kata Erman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.