Hasil Babak 1, Manchester City Lebih Ganas, Liverpool Sementara Tertinggal 2-1

Pertandingan babak pertama antara Manchester City Vs Liverpool ditandai dengan skor 2 1 untuk keunggulan The Citizens, Minggu (10/4/2022). Dua gol Man City dicetak oleh Kevin De Bruyne (8') dan Gabriel Jesus (37'). Sedangkan gol tunggal Liverpool dibuat oleh Diogo Jota (13').

Kedua tim sama sama memperagakan permainan terbuka pada 45 menit pertama ini. Namun, variasi strategi yang diperagakan Pep Guardiola menjadi pembeda. Manchester City tak membuang waktu untuk langsung menekan Liverpool yang berkunjung ke Etihad.

Para pemain depan dan tengah City sangat intens melakukan pressing kepada pemain Liverpool. Hanya butuh lima menit bagi tuan rumah untuk mendapat peluang pertama. Eks pemain Liverpool, Raheem Sterling nyaris menjebol jala mantan klubnya.

Ia mendapat operan terobosan yang akurat dari lini tengah. Ia memenangi adu lari dengan bek lawan dan membuatnya langsung berhadapan dengan Alisson. Sterling sedikit mencungkil bola untuk mengelabuhi Alisson.

Namun, tenaga yang menyertai cungkilan tersebut tak cukup keras. Reflek luar biasa sang penjaga gawang The Reds bisa menggagalkan upaya Sterling di detik krusial. Tiga menit berselang atau di menit kedelapan, City benar benar unggul.

Mereka memanfaatkan kelengahan lawan untuk mengantisipasi tendangan bebas cepat yang diambil Bernardo Silva. Silva memberikan bola kepada Kevin De Bruyne yang lantas melakukan dribble. Sang skipper memilih langsung melepas sepakan dari luar kotak penalti.

Tendangan De Bruyne itu rupanya mengenai kaki Joel Matip dan membuat bola berubah arah. Alisson yang coba menjangkau si kulit bundar tak bisa menghalaunya keluar. Skor menjadi 1 0.

Setelah mendapat tekanan bertubi tubi, The Reds mencoba keluar. Usaha mereka sedikit demi sedikit dapat mengalirkan bola ke depan. Pada menit ke 13, pasukan Jurgen Klopp sukses menyamakan angka.

Skema kerja sama luar biasa dari pemain Liverpool berbuah hasil. Andy Robertson yang berdiri di sisi kanan penyerangan mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti. Bola tersebut dapat diterima dengan baik oleh Trent Alexander Arnold.

TAA melakukan operan pendek dalam kotak penalti yang mengecoh bek bek City. Ia menemukan Diogo Jota yang berdiri bebas di kotak kecil Ederson. Tanpa kesulitan penyerang asal Portugal itu membawa Liverpool menyamakan kedudukan.

Skor menjadi 1 1. Setelah itu, tempo pertandingan sedikit menurun. City dan Liverpool sama sama mencari celah untuk mengubah papan skor.

Memasuki menit ke 30, City mengubah pendekatannya. Pep Guardiola nampaknya memberi instruksi kepada anak asuhnya untuk juga memperagakan bola bola panjang. Strategi itu terbukti ampuh bagi mereka.

The Citizens berhasil membelah pertahanan The Reds dengan umpan umpan panjang. Mereka baru memetik hasilnya pada menit ke 37. Joao Cancelo tak terburu buru untuk melepas umpan dengan melihat pergerakan rekannya terlebih dahulu.

Ia nampaknya dapat melihat pergerakan Gabriel Jesus di sisi seberang lapangan. Cancelo lantas melepas umpan panjang yang mengarah tepat ke Jesus. Pemain asal Brasil itu sukses lepas dari jebakan offside dan menceploskan bola ke gawang Alisson.

Skor menjadi 2 1 untuk keunggulan City. Skor ini sekaligus menjadi akhir babak pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.